Mesin Frais (Mesin Milling)

Serba Serbi Mesin Frais (Mesin Milling) yang Harus Anda Ketahui – Dalam dunia perindustrian, salah satu faktor percepatan kinerja hasil-hasil produksi adalah teknologi yang digunakan dalam industri tersebut. Dari tahun ke tahun, kemajuan teknologi yang digunakan dalam bidang industri semakin pesat dan efisien.

mesin frais, mesin milling

Saat ini, begitu banyak perusahaan menggunakan teknologi pada mesin-mesin produksinya baik berupa mesin berbasis robot atau mesin-mesin yang terhubung dan dikendalikan lewat komputer.

Salah satu mesin produksi yang sering digunakan dalam bidang industri adalah mesin frais (mesin milling). Mesin ini sebenarnya merupakan salah satu perkakas yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan, di mana ada frais atau pemotong yang berputar pada sumbu mesinnya.

Prinsip kerja mesin ini, tentu saja sesuai dengan putaran alat potongnya. Ketika alat potongnya berputar di sumbu mesin, maka begitulah cara kerjanya. Sedangkan benda yang hendak dipotong oleh mesin tersebut, biasanya bergerak mendatar atau melintang, sebagaimana jenisnya.

Setidaknya ada 6 macam jenis mesin frais yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah mesin frais, mesin frais konvensional, vertikal, cnc, tangan dan tegak. Berikut ulasan keenam jenis mesin tersebut.

Apa Itu Mesin Frais / Mesin Milling

Mesin frais (mesin milling) ini adalah mesin yang termasuk jenis perkakas dengan gerakan utamanya adalah berputar dan menghasilkan bidang datar.

Jenis Jenis Mesin Frais / Mesin Milling

Ada banyak jenis mengenai mesin ini, berikut diantaranya

1. Mesin Frais Konvensional

Mesin Frais Konvensional

Kelebihan dari mesin yang satu ini adalah dapat mengerjakan pekerjaan di permukaan datar, tegak, miring, sisi atau alur roda gigi. Tentunya dengan tetap menggunakan pisau pemotong atau yang dikenal dengan sebutan cutter.

2. Mesin Milling Vertikal

mesin frais, mesin milling

Mesin ini merupakan mesin yang poros utamanya berfungsi sebagai pemutar, di mana pegangan alat potongnya berada di posisi tegak.

3. Mesin Milling CNC

Mesin Frais Milling CNC

Mesin frais (mesin milling) yang satu ini banyak dimanfaatkan dalam industri yang bergerak dalam bidang manufaktur seperti menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan logam.

Frais CNC yang satu ini berfungsi menghaluskan permukaan atau meratakan logam. Jadi, bisa dikatakan mesin ini lebih istimewa dibanding mesin lain pada umumnya, karena selain dapat menghaluskan permukaan logam yang datar, dapat juga meratakan logam yang berlekuk.

Tentunya dibutuhkan keahlian khusus dan ketelitian yang cukup tinggi dalam mengoperasikan mesin ini. Itulah sebabnya pada proses penggunaan mesin ini selalu dibutuhkan pelumas atau oli agar mata pisau tidak cepat aus.

4. Mesin Milling Tangan

Mesin Frais Tangan

Mesin frais (mesin milling) ini, walau menggunakan tangan atau sifatnya manual, tetap ia membutuhkan listrik untuk menggerakkannya. Mesin ini biasa digunakan para tukang kayu atau perusahaan furnitur untuk membuat beragam bentuk seperti jendela, meratakan pinggiran kayu, membuat kusen pintu, dan lain-lain.

5. Mesin Frais Tegak

Mesin Frais Tegak

Mesin frais tegak atau yang lebih dikenal dengan frais horizontal ini punya kekhususan tersendiri. Di mana, mesin dipasang dengan sumbu yang posisinya tegak. Adapun dalam menggerakannya dapat dilakukan secara manual atau otomatis secara maju mundur.

Jadi, secara umum mesin frais tegak dapat digunakan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan misalnya mengfrais rata, alur, roda gigi lurus, bentuk dan membelah serta memotong.

mesin frais, mesin milling

Beberapa jenis lain mesin milling yang diklasifikasikan berdasarkan fungsi penggunaannya adalah piano milling yang berfungsi memotong permukaan dengan kerja yang sangat besar, kedua, surface milling yang berfungsi untuk produksi banyak atau masal dengan kepala sumbu dan cutter yang posisinya naik turun.

Ketiga, tread milling, mesin ini berfungsi khusus untuk pembuatan ulir. Keempat, gear milling atau pemotong gear digunakan khusus untuk membuat roda gigi. Kelima, copy milling dikhususkan untuk pekerjaan yang lebih rumit yang bentuknya sama untuk itu sebelum pengerjaannya dibutuhkan master.

Yang terakhir adalah mesin milling gravier, digunakan untuk membuat tulisan atau gambar dengan skala tertentu sesuai keinginan. Demikian beberapa jenis mesin frais yang biasa digunakan dalam dunia industri.

 

Mesin Milling, Mesin Frais

Lebih lanjut, berikut beberapa bagian utama dari mesin ini (mesin milling) antara lain, spindel utama (sumbu), meja, motor drive, trasmisi, knee, tiang, dasar dan kontrol. Adapun fungsi dari masing-masing bagian mesin adalah sebagai berikut. Baca juga tentang mesin diesel

Spindel (sumbu utama) berfungsi mencengkram alat potong, bagian ini adalah bagian terpenting dalam mesin ini Meja merupakan wadah untuk benda yang akan dipotong. Motor drive adalah bagian mesin yang digunakan untuk menggerakkan bagian mesin lain.

Selanjutnya adalah tranmisi, bagian ini menyambungkan motor pengerak dengan sesuatu yang digerakknya. Knee, adalah salah satu bagian mesin yang berfungsi sebagai penopang atau penahan di meja mesin. Sedangkan tiang adalah badan dari mesin itu sendiri, di mana terdapat bagian mesin lainnya.

Pada bagian dasar atau base, bagian ini terletak di bawah frais (mesin milling), di mana terdapat cairan pendingin. Dan yang terakhir adalah kontrol, bagian inilah yang mengatur mesin bergerak, baik secara mekanik ataupun elektrik.

mesin frais, mesin milling

Cara Merawat Mesin Frais/ Milling

Untuk menjaga kinerja mesin frais agar tetap bisa digunakan dan tahan lama, tentu membutuhkan perawatan khusus. Berdasarkan waktunya, perawatan mesin ini baiknya dilakukan sebagai berikut.

  • Perawatan Harian

Perawatan harian dapat dilakukan setelah pemakaian mesin selesai. Caranya dengan memmbersihkan mesin dari sisa-sisa pemakaian. Pastikan mesin yang telah dipakai mati dan kembali ke posisi awal penyettingan. Periksa pula pelumas mesin apakah masih tersedia atau telah habis.

Setelah itu, bersihkan pula tempat sekitar mesin terutama lantai dari sampah atau sisa-sisa pemakaian, agar tidak ada debu yang masuk kembali ke frais (mesin milling). Lakukan hal tersebut secara kontinyu dan terus menerus setiap hari.

mesin frais, mesin milling

  • Perawatan Enam Bulanan

Untuk perawatan enem bulanan, pertama-tama bersihkan terlebih dahulu bagian bawah motor dengan meniup saluran udara yang ada di sekitarnya. Kedua, periksa baut pengingat yang ada di bawah bawah, kencangkan baut tersebut.

Ketiga, bersihkan kotak terminal dan terminal penghubung, gunakan silika gel kering untuk membersihkannya. Keempat, periksa ketahanan isolasi dan kekuatan lilitan pada kotak terminal, catat kemudian pasang kembali tutup kotak terminal.

Kelima, periksa pula sambungan keamanan frais (mesin milling) yang terhubung ke tanah. Keenam, jangan lupa untuk memberi pelumas pada bantalan motor dengan melumuri oli. Setelah itu periksa kembali gerak bantalan dan catat hasilnya.

Pemeriksaan terakhir adalah pada bagian motor, di bagian ini Anda harus teliti apakah bantalan telah terpasang sempurna, cek bagian celah udara, lihat pula kelurusan koplingnya, tetap catat setiap hasil yang didapat, agar dapat dievaluasi selanjutnya.

mesin frais, mesin milling

  • Perawatan Tahunan

Perawatan tahunan harus dilakukan lebih mendetail lagi. Di antara perawatan yang harus dilakukan antara lain adalah membersihkan bagian bawah motor dan saluran yang ada di dekatnya.

Lepaskan beberapa bagian frais (mesin milling) seperti kabel penghubung motor, alarm, dan lain-lain. Namun, jangan lupa untuk menandainya agar tidak tertukar saat pemasangan mesin kembali.

Jika diperlukan bawa mesin ke bengkel untuk memastikan kondisi mesin apakah masih baik atau tidak. Periksa kopling dari aus dan cek alur poros dan pasak dari setiap goresan. Beri pelumas dan cek saluran pelumasnya, apakah masih lancar atau ada yang menyumbatnya.

Periksa setiap bagian motor dengan teliti, lihat setiap lapisannya adakah tanda-tanda gesekan. Setelah selesai memeriksa semua bagian motor, tempatkan kembali motor pada posisi.

Bersihkan pula kotak terminal, cek dan catat hasilnya. Terakhir lakukan pengamanan dengan mengecek motor dan menjalankannya tanpa kopling untuk melihat putaran dan suara bantalan yang terdengar. Jika semua sudah baik, maka hubungkan kembali ke frais (mesin milling) dengan kopling. Wiki

Demikian serba serbi mesin frais (mesin milling) yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda.

 

Leave a Reply