Mesin Diesel

Mesin Diesel – Cara Kerja dan Perawatannya. Seperti kita tahu, diesel banyak digunakan untuk acara- acara besar dan alat- alat berat. Yang paling familiar adalah saat hajatan. Baca juga tentang stainless steel.

mesin diesel

Mesin diesel banyak digunakan untuk menyalakan listrik di tempat hajatan karena tidak akan beresiko jika ada pemadaman listrik. Tidak hanya untuk acara hajatan, mesin ini digunakan juga untuk keperluan pertanian, truck, lokomotif, dan bahkan bisa juga untuk mobil.

Mesin diesel ini ada 2 versi, yaitu mesin diesel 2 tak dan 4 tak. Diesel 2 tak ini merupakan mesin pembakaran dalam dimana langkah kerja yang dibutuhkan salam satu siklus mesin hanya 2 langkah saja.

Sedangkan pada diesel 4 tak, langkah kerja yang dibutuhkan ada 4 langkah dalam satu siklusnya. Perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak ini terletak pada langkah kerja saja.

mesin diesel

Penemu Mesin Diesel

Selama ini, kita hanya tahu bahwa mesin diesel atau motor diesel merupakan mesin yang pembakarannya memakai panas kompresi untuk menghasilkan penyalaan. Mesin ini berbeda dengan mesin bensin atau mesin gas yang menggunakan busi. Tetapi, apakah Anda tahu siapa penemu diesel ini?

penemu mesin diesel

Teknologi ini ditemukan dan dikembangkan oleh seorang insinyur Jerman, Rudolf Christian Karl Diesel. Rudolf lahir pada tahun 1858 di Paris, Perancis. Pada tahun 1870 warga Jerman diharuskan untuk meninggalkan Perancis karena Perang antara Perancis dan Rusia. Sehingga, Diesel dan keluarganya pun kena imbasnya dan dikirim ke London serta dipaksa hidup sebagai pengungsi.

Pengertian Apa itu Mesin Diesel

Mesin diesel adalah mesin pemicu kompresi yang sistemnya menggunakan panas kompresi agar menghasilkan penyalaan dan membakar bahan bakar (seperti solar atau biodiesel) yang diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Mesin ini pertama kali ditemukan oleh Rudolf Diesel yang kemudian dipatenkan pada tanggal 23 februari 1893.

mesin diesel

Diesel ingin menciptakan sebuah mesin yang mana mesin tersebut tidak hanya bisa menggunakan satu bahan bakar umum saja melainkan nantinya dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Saat ada Pameran Dunia di tahun 1900 dia menunjukkan mesinnya yaitu dengan menggunakan minyak kacang (biodiesel). Mesin inilah yang kemudian dikembangkan lagi dan disempurnakan oleh Charles F.Kettering. Wikip.

Mesin ini bisa dikatakan merupakan mesin dengan efisiensi termal terbaik dibandingkan dengan mesin pembakaran lainnya. Mengapa demikian? karena rasio kompresi yang dimiliki oleh mesin ini sangatlah tinggi. Mesin ini saat berada dalam kecepatan rendah saja sudah mampu menghasilkan efisiensi termal lebih dari 50%.

Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin

mesin diesel

Perbedaan antara diesel dan bensin pada dasarnya hanya terletak pada penggunaan bahan bakarnya saja. Jika mesin diesel, bahan bakar yang digunakan adalah solar. Sedangkan mesin bensin, bahan bakar yang digunakan adalah gasoline (bensin). Dalam sistem bahan bakar diesel ini, udara dikompresi terlebih dahulu, kemudian bahan bakar solar diinjeksikan ke ruang bakar. Kemudian udara akan memanas saat dikompresi dan bahan bakar akan menyala.

Komponen Mesin Diesel

mesin diesel

Untuk komponen yang terdapat pada mesin ini, bisa Anda simak dibawah ini:

1. Cylinder Block Assembly

Cylinder Block Assembly merupakan komponen utama motor bakar yang terdapat pada mesin 2 tak maupun 4 tak. Komponen ini berfungsi untuk meletakan berbagai engine compartement yang nantinya akan mendukung proses kerja mesin. Bentuk blok silinder tiap mesin sejatinya hampir sama, namun detailnya berbeda- beda. Pembuatan detail blok silinder berbeda- beda karena disesuaikan dengan beberapa komponen akan ditemppelkan pada blok.

Cylinder block assembly ini memiliki tingkat presisi yang sangat tinggi. Adapun komponen sebuah blok mesin adalah sebagai berikut:

Silinder atau main linner, merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat naik turunnya piston.

Water jacket, merupakan selubung air pendingin didalam blok mesin.

Oil feed lines adalah lubang oli yang ada pada blok silinder yang difungsikan untuk menciptakan jalur oli mesin mulai dari bagian kepala silinder sampai poros engkol. Lubang ini bertujuan untuk mendukung proses sirkulasi oli mesin dan menghubungkannya ke seluruh bagian mesin .

2. Cylinder Head Assembly

Cylinder Head Assembly merupakan komponen kedua dari mesin yang letaknya ada di bagian atas mesin. Bagian-bagian dari unit ini yaitu valve & spring, camshaft, rocker arm, dan juga ruang bakar.

3. Piston & Connecting Rod

Piston & Connecting Rod berfungsi sebagai pengatur volume yang ada didalam silinder.

4. Crankshaft

Crankshaft adalah poros engkol yang berfungsi sebagai pengubah gerak naik turun piston sehingga menjadi sebuah gerakan putar. Prinsip kerjanya adalah sama dengan saat kita mengayuh sepeda.

5. Oil Pan

Oil pan merupakan bak khusus yang digunakan untuk menampung oli mesin.

6. Timming Chain Asyembly.

Timming chain masuk ke dalam sistem mekanisme katup yang berfungsi untuk menghubungkan putaran engkol dan camshaft dengan sudut tertentu.

7. Fly Wheel

Flywheel atau roda gila berfungsi untuk menyalakan mesin.

8. Fuel System Asyembly

Komponen dalam Fuel System Asyembly ini yaitu tangki dan injector.

Prinsip kerja mesin diesel

Adapun prinsip kerja motor diesel ini yaitu udara masuk ke dalam ruang bakar. Udara ini kemudian dikompresi hingga mencapai suhu dan tekanan tertentu. Disaat yang sama, dengan gerakan torak menuju titik mati atas (TMA), bahan bakar solar ini diinjeksikan ke dalam ruang bakar yang bertekanan tinggi.

  • Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak

mesin diesel 2 tak

Untuk prinsip kerja yang diterapkan pada mesin diesel 2 tak ini yaitu menggunakan dua langkah dimana setiap langkahnya akan berlangsung selama setengah putaran engkol. Artinya , diesel 2 tak ini menghasilkan satu siklus sempurna dengan hanya 1x putaran engkol saja.

  • Cara Kerja Mesin Diesel 4 Takmesin diesel 4 tak

Untuk prinsip kerja yang diterapkan pada mesin diesel 4 tak, yaitu menghasilkan satu pembakaran tiap siklus mesin dimana persiklusnya terdapat empat langkah. Setiap langkah berlangsung selama setengah utaran engkol, sehingga sama saja diesel 4 tak ini menghasilkan satu putaran dalam 2x putaran engkol.

Perawatan Mesin Diesel

mesin diesel

Poin terakhir yaitu perawatan diesel. Dalam tahap ini, ada 8 jenis perawatan mobil diesel yang wajib Anda lakukan supaya awet dan tidak karatan.

  1. Panaskan mesin terlebih dahulu sebelum Anda menggunakannya.
  2. Perhatikan juga penggunaan olinya.
  3. Gunakan BBM yang sesuai dan jangan sembarangan.
  4. Gantilah filter bahan bakar.
  5. Jangan sampai tangki bahan bakar kosong dan habis sama sekali.
  6. Jangan matikan mesin secara langsung.
  7. Jangan lupa membersihkan injector secara rutin.
  8. Gantilah filter udara secara berkala.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara kerja mesin diesel dan juga cara merawatnya, bukan? Sepertinya tidak sesulit yang kita bayangkan ya! Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi seputar diesel. Terima kasih sudah mengunjungi laman ini, sampai jumpa di artikel berikutnya!

 

 

Leave a Reply